Game Pelengkap Pendidikan

10 04 2008

Para peneliti di Teachers Investigating Educational Multimedia, Inggris, menemukan, mereka yang main game komputer tertentu membikin otak pemainnya kian andal. Setelah meneliti lebih dari 700 sukarelawan usia 7 hingga 16 tahun, terbukti kemampuan logika, kemampuan berkomunikasi, dan kemampuan memecahkan persoalan meningkat. Rise tjuga membuktikan game mampu mengembangkan pola berpikir strategis anak. Di bawah ini sejumlah game yang digunakan sebagai bahan penelitian.

Age Of Empires II
Age of Empires II: The Age of Kings adalah sebuah permainan komputer RTS, yang merupakan sekuel kedua dari seri Age of Empires. Game strategi ini diluncurkan 1999, dan jadi sebuah game laris. Di sini kamu mesti bikin perencananaan matang. Jadi nggak sekedar berperang tapi juga mesti mikir gimana caranya supaya korban yang jatuh sedikit dan nggak banyak menghabiskan biaya. Dan yang penting lagi, gimana caranya bernegosiasi supaya musuh menyerah tanpa harus perang. Bagus nih buat semua pemimpin dunia!

Bob the Builder
Pada 1994, teve kabel Nickelodeon menyiapkan acara pendidikan untuk anak-anak, dan dinamakan Nick Jr. Sepanjang tahun, blok acara ini menayangkan acara seperti Pinwheel, Blue’s Clues, Dora the Explorer, dan Bob the Builder. Bob the Builder kemudian dibuat buku dan gamenya. Dibandingkan teve dan buku, game dianggap lebih interaktif.

Championship Manager
Karena penelitian ini dilakukan di Inggris, maka nggak lengkap rasanya kalo nggak ada sepak bolanya. Sebuah permainan simulasi sepakbola klasik, di mana kamu dididik belajar jadi manajer sepakbola di suatu klub.

F1 Championship Racing
Game balap F1 sudah nggak diragukan lagi unsur pendidikannya. Rasanya nggak ada orang tua yang nggak bangga kalau anak mereka bisa, minimal, ikut di ajang balap ini. Di game ini, kecepatan, ketepatan, dan ketrampilan bagus buat melatih reflek dan motorik anak.

Lego Alpha Team
Lego dalam bentuk mainan sudah nggak diragukan unsur edukatifnya. Nah, Lego dalam bentuk game jauh lebih menantang, karena dibutuhkan keahlian untuk memecahkan teka-teki. Tantangannya kamu harus memimpin Alpha Team dan menghentikan Mr. Ogel dari kehancuran dunia.

Freddi Fish
Game ini mengingatkan anak-anak pada film bawah laut Finding Nemo. Cuma Freddi Fish mengisahkan tokoh ikan Freddi dibantu Sam Si Pelikan menjelajah lautan menyelematkan Ms. Halibut dari kesulitan. Gabby si Guppy hilang di gua, sementara Ms. Halibut terlalu besar untuk menyelusup. Yuk kita carikan jalan keluarnya.

Legoland
Game ini terbilang sangat mendidik dan nggak bikin gamer jadi penyendiri, masalahnya para ortu juga bisa ikutan. Di Legoland setiap keluarga bisa jadi hero. Game dimulai ketika telepon berbunyi, dan sang manajer mengundangmu untuk membangun taman bermain.

Micro Racers
Beda dengan F1, Micro Racer adalah game balap masive action. Kamu tinggal milih model mobil dan trek, kemudian tinggal tancap gas. Kontes ini simpel banget. Siapa yang sampe duluan di level berikut jadi pemenangnya. Simpel banget. Pelajaran yang diperoleh dari sini kemampuan mengontrol diri.

Pajama Sam
Serial petualangan dan puzzle game anak-anak Pajama Sam dibuat oleh Humongous Entertainment. Tugas utama kamu ya berhasil sampai tujuan, meskipun ada beberapa sub-quest dan mini-games. Pajama Sam akan membantu anak-anak melintasi berbagai negeri yang dikunjunginya.

Putt-Putt Enters the Race
Putt-Putt Enters the Race adalah satu dari sembilan judul serial populer pemecahan masalah buat anak-anak. Kamu diundang ke arena CarTown 500. Mirip Freddi Fish, gamer dibantu karakter mengumpulkan sejumlah obyek dengan teka-teki. Begitu terkumpul, Putt-Putt akan masuk ke arena balap, mengitari trek lima kali, dan menghindari berbagai rintangan.

RollerCoaster Tycoon
Game ini adalah game simulasi build/management terbaik, di mana kamu bisa mengembangkan desain jalur, membangun taman dengan berbagai skenario yang akan mengubah imajinasimu, serta memiliki akses mengkombinasikan rancangan roller coaster yang tak terbatas.

SimCity
SimCity boleh dibilang salah satu dari game jadul terbaik dan serial tersukses di dunia game PC. Game ini pertama kali diluncurkan tahun 1989 yang menampilkan teknik dan strategi membuat bangunan yang belum pernah terlihat sebelumnya. Sejak itu, SimCity jadi inspirasi buat sejumlah game sejenis. Itulah sebabnya, game ini juga menjadi bahan penelitian.

Sumber : hotgame-online.com

Iklan

Aksi

Information

One response

17 04 2008
nunik

Artikel di blog ini bagus-bagus dan berguna bagi para pembaca.Anda bisa lebih mempromosikan artikel anda di Infogue.com dan jadikan artikel anda topik yang terbaik bagi para pembaca di seluruh Indonesia. Telah tersedia plugin/widget.Kirim artikel dan vote yang terintegrasi dengan instalasi mudah dan singkat.Salam Blogger!!

http://www.infogue.com/
http://www.infogue.com/pendidikan/game_pelengkap_pendidikan/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: